Sunday, September 17, 2017

IRIANA JOKOWI dihina di INSTAGRAM ? Dodik Ikhwanto sudah Tertangkap, Inilah yang harus kita Pelajari

ADVERTISMENT 1
http://www.adsense-eca.info/2017/09/iriana-jokowi-dihina-di-instagram-dodik-ikhwanto-pelakunya-tertangkap.html

Anda pasti tahu dong Ibu Iriana Jokowi, adalah Ibu Negara Republik Indonesia, akhir-akhir ini ada salah seorang yang menghina ibu iriana. Tapi akhirnya ditangkap oleh Polisi di Palembang. Kasus penangkapan seperti ini bukan yang pertama kali terjadi, dan saya yakin bukan yang terakhir. Ujaran kebencian kepada seseorang/ kelompok melalui media sosial sudah menjadi ‘santapan’ masyarakat Indonesia dan sudah menimbulkan keresahan dan perpecahan.

Dodik Ikhwanto Menggunakan Akun Palsu. Tapi ya tetap ketahuan

http://www.adsense-eca.info/2017/09/iriana-jokowi-dihina-di-instagram-dodik-ikhwanto-pelakunya-tertangkap.html

Mungkin sebagian dari kita berpikir bahwa dengan menggunakan akun palsu di media sosial maka identitas asli kita tidak akan pernah terungkap. Dan inilah yang juga dipikirkan oleh Dodik Ikhwanto, ia menggunakan akun palsu di Instagram @warga_biasa.

Terus terang saya bukan orang yang ahli di bidang IT, tapi saya tahu bahwa jejak digital bisa ditelusuri karena sebuah komputer yang terhubung dengan internet bisa ditemukan alamat IP nya. Tidak perduli Anda menggunakan VPN atau Proxy, seseorang di Kepolisian RI lebih ahli di bidang IT pasti akan menemukan alamat Anda.

Jadi, kalau punya akun palsu di media sosial sebaiknya jangan digunakan untuk hal-hal yang buruk seperti yang dilakukan Dodik. Lebih baik akun palsunya dibuat untuk ‘nyundul-nyundul’ jualan di media sosial.

Masyarakat Indonesia pengguna media sosial banyak yang salah kaprah tentang arti “Kebebasan Berekespresi”. Berbagai postingan status di media sosial yang semakin bebas dan tidak perduli lagi dengan adab dan aturan membuat Saya dan mungkin Anda tidak suka.

Sebenarnya sudah banyak sekali anjuran, baik dari pemerintah Indonesia maupun dari para pemuka agama yang menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam memposting sesuatu di media sosial. Bahkan hal ini berkali-kali diungkapkan oleh presiden Jokowi beberapa waktu yang lalu, gunakan media sosial untuk hal yang bermanfaat.

Dari informasi di media mainstream, alasan Dodik membuat postingan penghinaan tersebut adalah karena tidak suka pada pemerintah RI, khususnya Jokowi. Dari sini kita bisa melihat bahwa kasus ini bermuara ke politik, mungkin dia mau mengkritik pemerintah. Sayangnya Dodik yang seorang mahasiswa itu tidak bisa memberikan kritik kepada pemerintah dengan cara yang benar, malah menghina Ibu Negara.

Bagi Dodik ikhwanto memang sudah terlambat untuk belajar masalah etika bersosial media, pasalnya ia akan terancam penjara dengan waktu yang cukup lama (6 tahun). Tapi bagi kita, Anda, dan Saya, ini masih belum terlambat.
ADVERTISMENT 2

1 comments

Keciduk lu bray,, ga ada moral ini anak....


EmoticonEmoticon